Home » , , , » Penghuni Lapas Sumut 50 Persen Napi Narkoba

Penghuni Lapas Sumut 50 Persen Napi Narkoba


INDONESIAKARYA.COM; kepala revis Pemasyarakatan Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara, Joseph Sembiring, mengatakan sebanyak ‎50 persen dari 23 ribu warga binaan di lembaga pemasyarakatan (lapas) dan rumah tahanan (rutan) di Sumut merupakan tahanan yang terjerat kasus narkoba. Jumlah itu lebih tinggi dari kasus korupsi dan terorisme.
"Di (Lapas) Tanjung Gusta saja sudah sekitar 70 persen kasus narkoba. Napi teroris di Sumut hanya tiga orang di Lapas Klas I. Kalau korupsi ada sekitar 200 orang untuk Sumut," kata Joseph saat dihubungi, Kamis (28/4/2016). 
Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan HAM Sumut memiliki dua Lapas khusus narkotika. Kedua Lapas tersebut yakni, Lapas Klas III Langkat dan Lapas Klas II A Siantar.

Di tengah masalah kelebihan kapasitas, Joseph mengatakan kedua lapas itu sebenarnya bisa menjadi solusi karena belum terisi penuh. Namun, jika harus diisi penuh, dia khawatir akan terjadi gejolak.

"Jaid, sengaja tidak kita isi maksimal karena petugasnya sedikit. Kedua lapas itu berisi sekitar 400 napi, baik yang di Langkat maupun di Siantar. Padahal, kapasitasnya antara 800 hingga 1.000 napi," kata dia.

Kanwil Kemkum HAM Sumut saat ini mengaku kekurangan personel. Saat ini ada 1.400 petugas lapas yang terdiri dari 700 staf dan 700 personel pengamanan. Mereka harus mengawasi 23 ribu napi. "Idealnya satu petugas mengawasi 25 orang," kata dia.

Saat ini, lanjut Joseph, untuk Sumut butuh tambahan 1.550 petugas. Jumlah ini sudah diusulkan pada November 2014. Tetapi, tahun lalu Sumut hanya menerima 15 PNS baru.

"Jumlah 1.550 petugas itu untuk kategori cukup, belum ideal. Itulah masalah kita, mudah-mudahan tahun ini kita mendapatkan tambahan," kata dia.

Sebelumnya, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly kepada Menpan RB meminta tambahan pegawai sebanyak 18 ribu orang. Dari angka itu yang disetujui hanya 11 ribu orang.

0 komentar:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Facebook

Popular Posts

Histat

Powered by Blogger.